TEKNOLOGI DENGAN KEKUATAN PIKIRAN

Pernahkah Anda membayangkan, kalau semua perangkat teknologi yang ada di sekitar kita dapat dikendalikan oleh sebuah kekuatan pikiran ?. Percaya atau tidak hal itu akan terjadi 4 tahun lagi, tepatnya 2016. Bahkan tidak lama lagi keyboardpun akan menjadi artefak teknologi mengikuti pendahulunya disket 3,5 floopy.
Dalam pernyataan resmi yang ditulis IBM, perusahaan asal Amerika Serikat yang berdiri sejak 1911 itu memprediksikan kalau dalam lima tahun lagi akan muncul teknologi yang memungkinkan manusia untuk mengontrol berbagai perangkat melalui kekuatan pikiran. Misalnya saja, nantinya kita dapat menelpon seseorang hanya dengan memikirkannya atau menggerakkan kursor dilayar dengan perintah pikiran.
Walaupun saat ini teknologi yang dikontrol dengan kekuatan pikiran tampak seperti keluar dari cerita science fiction, IBM yakin nantinya hal ini akan menjadi bagian umum di dunia nyata. Lebih jauh lagi, teknologi tersebut dapat digunak oleh dokter untuk mengetes pola otak, rehabilitas pasien stroke atau memahami kelainan otak seperti autis.
Ramalan selanjutnya dari IBM adalah manusia tidak akan lagi membutuhkan password. IBM memprediksi perangkat akan secara otomatis mendeteksi identitas pengguna berdasarkan parameter biometric yang dimilikinya. Bayangkan di masa depan kita masuk ke ATM dan dapat secara aman menarik uang hanya dengan mengucapkan nama atau memindai mata lewat sensor yang dapat mengenal pola unik retina mata.
Selanjutnya adalah energy kinetic, yang saat ini lebih banyak terbuang percuma akan lebih banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di rumah, tempat kerja hingga perkotaan. Sementara itu, digital divide, yaitu kesenjangan antara kelompok yang memiliki akses ke perangkat teknologi dan yang tidak memilikinya akan berangsur hilang.
Dalam lima tahun ke depan, diperkirakan 80 persen penduduk dunia akan memiliki perangkat yang dapat mengakses informasi. Masyarakat dapat menggunakan perangkat bergerak untuk mendapatkan akses penting dan pelayanan yang lebih baik.
IBM memperkirakan bahwa era e-mail spam pun akan segera berakhir, karena pengiklan menyadari bahwa pesan yang ditargetkan secara personal akan berjalan lebih efektif. Pada waktu yang sama, spam filters diperkirakan akan memiliki kemampuan yang lebih besar dari sekarang, sehingga pengguna tidak perlu lagi merisaukan spam yang masukk keakun mereka.
Demikian artikel komputer mengenai TEKNOLOGI DENGAN KEKUATAN PIKIRAN
, semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel